zalfaz

KasyifatuSaja01 Mukaddimah Syeh Nawawi alBanteni


KasyifatuSaja #1
Mukaddimah Syeh Nawawi al-Banteni

Barang siapa yang diinginkan oleh Allah kebaikan niscaya Dia akan memahamkannya di dalam agama. (Hadis)
Segala pujian hanya milik Allah yang telah memberikan taufik-Nya kepada hamba-hamba yang Dia kehendaki untuk melakukan ketaatan dan mencari keberuntungan yang paling sempurna.
Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang haq untuk disembah selain Allah. Dia adalah Allah yang memiliki segala sifat kesempurnaan. Dan aku bersaksi bahwa pemimpin kita, Muhammad, adalah hamba-Nya, rasul-Nya, dan makhluk-Nya yang terbaik.
Semoga Allah mencurahkan tambahan rahmat dan salam kepadanya, keluarganya, dan para sahabatnya yang bagaikan bintang-bintang bersinar, dengan curahan rahmat dan salam yang selalu tercurahkan atas mereka selama bumi dan langit masih ada.
(Amma Ba'du)

Berkatalah seorang hamba yang sangat membutuhkan rahmat Tuhan-nya Yang Maha Mengetahui karena saking banyaknya kecorobohan dan kesalahan yang ia lakukan, yaitu ia adalah Abu Abdul Mu'thi Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi yang bermadzhab Syafii, yang berasal dari daerah Banten, yang lahir di desa Tanara, Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan menutupi aib-aibnya di dunia dan akhirat.

Kitab ini adalah catatan-catatan bermanfaat, in syaa Allah, atas kitab ringkasan yang berjudul Safinatu an-Naja Fii Ushul ad-Diin Wa al-Fiqhi karya Syeh al-Alim al-Fadhil Salim bin Sumair yang berasal dari daerah Hadrami (diambil dari Hadramaut, Yaman) dan wafat di daerah Betawi1, Semoga Allah menyinari kuburannya.
Kitab ini akan melengkapi masalah-masalah dalam kitab Safinatu an-Naja, memperjelas keterangan-keterangan sulitnya, dan merinci pernyataan-pernyataan umumnya.

Aku menyusun syarah yang berisi catatan-catatan ini dengan tujuan mengingatkan diriku sendiri dan orang-orang bodoh sepertiku.
Aku memberi judul syarah ini dengan 'Kasyifatu as-Saja Fi Syarhi Safinati an-Naja.' Dalam syarah ini, aku menerangkan isi kitab Safinatu an-Naja dalam bentuk susunan yang terdiri dari fasal-fasal dan lain-lainnya (spt; tanbih, far'un, faedah, khotimah, dll) dengan tujuan mengikuti [bentuk susunan] al-Quran yang juga diterangkan dan ditampilkan dalam bentuk fasal dan surat demi surat dan dengan tujuan agar lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami.
Aku memasukkan fasal puasa di dalam kitab syarah-ku ini, in syaa Allah, agar lebih memberikan tambahan manfaat kepada orang-orang awam.
Aku menyusun syarah kitab Safinah an-Naja ini dengan perantara pertolongan Allah Yang Maha Merajai dan Mengetahui.
Aku menyusunnya dengan bentuk susunan sebagaimana umumnya, yakni, seperti susunan sebuah kitab matan dengan kitab syarahnya dari segi hubungannya, agar bentuk cabang sesuai dengan bentuk asalnya, karena syarat tabik atau sesuatu yang mengiringi harus sesuai dengan matbuk atau sesuatu yang diiringi.


Diterjemahkan oleh Muhammad Ihsan Ibnu Zuhri (Salatiga) Pondok Pesantren al-Yaasin


04-11-2020 (444)

safinatun naja kasyifatus saja fiqih islam pdf gratis zalfaz

Jangan lupa klik iklan dan tulis komentar biar semangat bikin kontent..

Belajar dari Larangan Minuman Keras (khamer) oleh Ahmad Sarwat..

Hukum Patung dan Robot gara - gara Wayang..

Review Rokok 16 Surya Profesional Mild..

Acer Aspire V5 132 operating system not found ..

Judul Skripsi Informatika atau sains teknologi yang mudah dan bagus..