zalfaz

KasyifatuSaja03 Mukaddimah Syeh Salim bin Sumair 2 Anjuran mengawali Sesuatu dengan Hamdalah dan sholawat


KasyifatuSaja #3
Mukaddimah Syeh Salim bin Sumair 2

Anjuran Mengawali Sesuatu dengan Hamdalah

[Segala pujian] atau "Alhamdulillah", maksudnya, memuji dengan pernyataan lisan kepada Dzat Allah (atau sifat-Nya), baik secara hakikat atau hukum, disertai mengagungkan dan memuliakan, baik pujian tersebut sebagai perbandingan atas nikmat atau tidak, adalah hak [bagi Allah]. Pengertian pujian tersebut adalah pengertian secara bahasa yang memang dianjurkan untuk mengawali sesuatu dengannya. Adapun pujian menurut pengertian istilah maka tidak dianjurkan untuk mengawali sesuatu dengannya, karena pengertian "pujian/ alhamdu" menurut istilah adalah perbuatan yang menunjukkan sikap mengagungkan atau memuliakan pihak yang memberi nikmat dari segi bahwa pihak yang memberi nikmat tersebut adalah pihak yang memberi nikmat kepada orang yang memuji atau kepada yang lainnya, baik perbuatan tersebut bersifat ucapan lisan, atau bersifat keyakinan hati, atau bersifat aksi dengan anggota-anggota tubuh. Allah adalah [Yang Mengatur seluruh alam].

Syeh Nawawi rahimahullah berkata, "Disunahkan memuji Allah dalam mengawali kitab-kitab yang disusun. Begitu juga, memuji Allah disunahkan dalam mengawali pelajaran bagi para guru dan dalam mengawali membaca atau sorogan bagi para santri di hadapan para guru, baik membaca Fan Hadis, Fiqih, atau yang lainnya." Memuji Allah yang paling baik adalah dengan pernyataan "Alhamdulillahi robbil alamiin".

Sebagian ulama yang bermadzhab Syafii berkata, "Memuji Allah yang paling utama adalah dengan ibarot;
"alhamdulillahi hamdan yuwaafii ni'amahu wayuafii'u maziidahu"

Ada yang mengatakan, "Yang paling utama dalam memuji Allah adalah mengatakan;
"alhamdulillahi bijamii'i kullihaa maa alimtu minhaa wamaa lam a'lam"

Sebagian ulama lain menambahkan menjadi;
Disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Aisyah, "Ketika Rasulullah, shollallahu 'alaihi wa sallama, melihat sesuatu yang beliau sukai, maka beliau berkata;
"alhamdulillahilladii binikmatihi tatimmussholihaatu"

Dan ketika beliau melihat sesuatu yang beliau tidak sukai maka beliau berkata;
"alhamdulillahi alaa kulli haalin robbi innii a'udzubika min haali ahlinnaari"


Pengertian Agama

[Dengan Allah,] bukan dengan yang lain-Nya, [kami meminta pertolongan]. Maksudnya, kami mencari pertolongan kepada Allah. Mendahulukan susunan jer dan majrur dalam pernyataan "wabihi nastaaiin" berfungsi untuk mengkhususkan, maksudnya, kami hanya meminta pertolongan kepada Allah [dalam urusanurusan dunia dan agama.]
Kata "Addiin" atau 'agama' menurut bahasa memiliki banyak arti. Di antaranya berarti ketaatan, ibadah, balasan, dan hitungan. Sedangkan kata "Addiin" menurut syariat adalah hukum-hukum yang telah disyariatkan oleh Allah melalui lisan nabi-Nya. Kata "Addiin" disebut dengan nama "Addiin" karena "liannana nadiinulah" maksudnya karena kita meyakini dan mengikutinya.

Kata "Addiin" disebut juga dengan nama "millati" (millah) dari segi bahwa "innal malika yumlihi", maksudnya, Allah Yang Maha Merajai menyerahkannya kepada Rasul dan Rasul menyampaikannya kepada kita. Begitu juga, "Addiin" atau agama disebut juga dengan nama "syaran" dan "syariiata" dari segi bahwa Allah telah mensyariatkannya kepada kita, maksudnya, Allah telah menjelaskannya kepada kita melalui Nabi Muhammad, shollallahu 'alaihi wa sallama.

Makna Sholawat atas Rasulullah dan Anjuran Mengawali Sesuatu dengannya.

[Semoga Allah merahmati,] maksudnya, semoga Allah menambahi kasih sayang dan pengagungan untuk Muhammad, [dan semoga Dia mencurahkan salam,] maksudnya, semoga Allah menambahi Muhammad penghormatan yang agung yang mencapai tingkatan yang tertinggi hingga tak terbatas.

(MASALAH) Ismail al-Hamidi berkata, "Apabila ada pertanyaan, 'Sesungguhnya rahmat untuk Rasulullah Muhammad telah terwujud sehingga memintakan rahmat untuknya berarti memintakan sesuatu yang telah terwujud?' Maka jawaban untuk pertanyaan ini adalah 'Sesungguhnya tujuan memintakan rahmat kita untuknya adalah memintakan rahmat yang belum terwujud untuknya karena tiada waktu yang berlalu kecuali selama waktu tersebut ada rahmat yang belum terwujud untuknya.
Oleh karena itu, dengan permintaan rahmat tersebut, Rasulullah Muhammad selalu naik dalam kesempurnaan sampai tingkatan yang tidak ada batasnya.' Rasulullah Muhammad dapat menerima manfaat dari bacaan sholawat kita untuknya, sebagaimana menurut pendapat yang shohih.

Akan tetapi, orang yang bersholawat hendaknya tidak berniat memberi manfaat sholawat kepada Rasulullah Muhammad, melainkan hendaknya ia berniat menjadikan Rasulullah Muhammad sebagai perantara kepada Allah dalam memperoleh apa yang diinginkan oleh orang yang bersholawat tersebut.
Tidak diperbolehkan mendoakan Rasulullah Muhammad dengan kalimat doa yang tidak dijelaskan oleh al-Quran ataupun Hadis, seperti kalimat doa "rohmatulloh"(Semoga Allah merahmatinya). Akan tetapi, yang pantas dan yang layak bagi hak para nabi adalah mendoakan mereka dengan sholawat dan salam, seperti "sollollohu alaihi wasallim" atau "assolatu wassalamu alaihi". Bagi hak para sahabat, tabiin, para wali, dan para syeh adalah mendoakan mereka dengan kalimat "rodhiyallohu anhu". Bagi hak selain mereka semua adalah mendoakannya dengan bentuk kalimat doa apa saja."

Sholawat dan salam semoga tercurahkan [atas pemimpin kita, Muhammad,] Nama Muhammad adalah nama yang paling utama baginya, shollallahu 'alaihi wa sallama. Orang yang memberinya nama Muhammad adalah kakeknya, Abdul Mutholib, pada hari ke-tujuh kelahirannya.
Alasan mengapa yang memberi nama adalah Abdul Mutholib karena ayahnya, Abdullah, telah wafat sebelum kelahirannya. Abdul Mutholib ditanya, "Mengapa kamu memberinya nama Muhammad padahal nama Muhammad bukanlah termasuk salah satu dari nama-nama pendahulumu dan kaummu?" Ia menjawab, "Aku berharap semoga ia dipuji di langit dan di bumi." Dan Allah telah mengabulkan harapannya itu.
Ada yang mengatakan bahwa yang memberinya nama Muhammad adalah ibunya sendiri, Aminah. Ibunya didatangi oleh malaikat. Kemudian malaikat itu berkata kepadanya, "Kamu telah mengandung seorang pemimpin manusia. Berilah ia nama Muhammad!".

Adapun Syeh Salim bin Sumair al-Hadromi memintakan sholawat (dan salam) di awal kitabnya kepada Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallama karena mengamalkan hadis Qudsi yang difirmankan oleh Allah, "Hai hambaku! Kamu belumlah bersyukur kepada-Ku ketika kamu belum berterima kasih kepada orang yang Aku mencurahimu kenikmatan melaluinya." Tidak diragukan lagi bahwa Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallama adalah perantara agung bagi kita dalam setiap kenikmatan yang kita peroleh, bahkan ia merupakan asal terwujudnya seluruh makhluk, baik dari golongan anak cucu Adam ataupun yang lainnya.
Begitu juga, Syeh Salim bin Sumair al-Hadromi mengamalkan hadis Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallama, "Barang siapa bersholawat kepadaku di dalam sebuah kitab maka para malaikat akan selalu bersholawat kepadanya selama namaku masih ada dalam kitab tersebut."

Abdul Mu'thi as-Samlawi menjelaskan hadis Barang siapa bersholawat kepadaku di dalam sebuah kitab ... dst dengan perkataannya, "Barang siapa menulis sholawat dan mengucapkannya atau membaca sholawat yang tertulis dalam kitab atau risalah maka para malaikat akan selalu mendoakan keberkahan untuknya dan selalu memintakan ampunan untuknya."

Rasulullah adalah seorang rasul [yang menjadi khotimi annabiyiin,] Lafadz "khootami" dengan dibaca fathah atau kasroh pada huruf /ta' /. Akan tetapi yang paling masyhur adalah dengan kasroh padanya.
Artinya adalah (Rasulullah) yang menjadi penutup para nabi, seperti yang disebutkan dalam kitab al-Misbah. Oleh karena itu, tidak ada nabi setelah beliau, Muhammad shollallahu 'alaihi wa sallama. Ia adalah penutup para nabi dalam wujudnya dari sudut pandang jisimnya di dunia nyata. (Sedangkan hakikatnya ia adalah nabi yang pertama kali, bahkan makhluk yang pertama kali diciptakan).



Diterjemahkan oleh Muhammad Ihsan Ibnu Zuhri (Salatiga) Pondok Pesantren al-Yaasin


06-11-2020 (400)

safinatun naja kasyifatus saja fiqih islam pdf gratis zalfaz sholawat basmalah

Jangan lupa klik iklan dan tulis komentar biar semangat bikin kontent..

(Film) Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer..

arti Tethering dan Hotspot..

Acer Aspire V5 132 operating system not found ..

Judul Skripsi Informatika atau sains teknologi yang mudah dan bagus..

Review Rokok 16 Surya Profesional Mild..