zalfaz

KasyifatuSaja05 Pasal Rukun Islam bagian syahadat dan sholat


KasyifatuSaja #5

RUKUN ISLAM bagian pertama

1. Syahadat , 2. Sholat

Fasal ini menjelaskan tentang tiang-tiang Islam, dasardasarnya, dan bagian-bagiannya.

[Rukun-rukun Islam ada lima.] Dengan demikian, Islam tidak tersusun oleh selain dari lima tersebut. Mengidhofahkan lafadz 'arkanu' pada lafadz 'al islam' merupakan bentuk pengidhofahan bagian pada keseluruhan, maksudnya, tiangtiang, dasar-dasar, dan bagian-bagian yang islam tersusun atas mereka ada lima. Oleh karena itu, Islam tidak tersusun atas selain mereka.
Syeh Bajuri berkata, "Islam menurut bahasa berarti mutlak mengikuti, maksudnya baik mengikuti hukum-hukum syariat atau yang lainnya. Sedangkan Islam menurut istilah berarti mengikuti hukum-hukum syariat. Ada yang mengatakan bahwa pengertian Islam adalah mengamalkan (hukum-hukum syariat)"

A. Bersyahadat
Rukun Islam yang pertama adalah [bersaksi,] maksudnya meyakini, [bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan,] maksudnya tidak ada yang berhak disembah [kecuali Allah.]

Allah adalah Tuhan yang disembah yang bersifatan dengan segala kesempurnaan yang tidak terbatas dan yang tidak diketahui kecuali oleh-Nya sendiri, dan Tuhan yang disucikan dari segala kekurangan, dan Tuhan Yang Maha Esa dalam merajai dan mengatur, dan Yang Maha Esa dalam Dzat-Nya, sifat-sifat-Nya, dan Perbuatan-perbuatan-Nya.

[Dan bersaksi sesungguhnya Muhammad] bin Abdullah bin Abdul Mutholib bin Hasyim bin Abdu Manaf [adalah utusan Allah.]

Para ulama berselisih pendapat tentang terutusnya Rasulullah Muhammad kepada para malaikat hingga menghasilkan dua pendapat.

Syeh Halimi dan Baihaqi menetapkan bahwa Rasulullah Muhammad tidak diutus kepada para malaikat. Syeh Suyuti dan Syeh Taqiyudin as-Subki mengunggulkan bahwa Rasulullah Muhammad diutus kepada mereka. Syeh as-Subki menambahkan bahwa Rasulullah Muhammad diutus kepada seluruh para nabi dan umatumat terdahulu dan bahwa sabda beliau shollallahu 'alaihi wa sallama yang berbunyi, "Aku diutus kepada seluruh manusia," mencakup manusia dari zaman Adam sampai Hari Kiamat.

Tambahan keterangan dari Syeh as-Subki ini diunggulkan oleh Syeh al-Bazari dan ia menambahkan bahwa Rasulullah Muhammad diutus kepada seluruh makhluk hidup dan benda mati, seperti pasir, batu, dan lumpur. Kemudian ditambahkan lagi bahwa Rasulullah Muhammad diutus kepada dirinya sendiri.

Demikian ini semua disebutkan dalam kitab Tazyiini al- Arooik. Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallama bersabda, "Aku diutus kepada seluruh makhluk."

[FAEDAH]
Syeh al-Bajuri berkata, "Sesungguhnya sebagian ulama telah menyebutkan bahwa termasuk salah satu kesempurnaan keimanan adalah seseorang meyakini bahwa tidak ada satu pun makhluk yang memiliki kebaikan dzohir dan batin seperti yang dimiliki oleh Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallama."

B. Mendirikan Sholat

[Dan] rukun Islam yang kedua adalah [mendirikan sholat].

Sholat adalah ibadah badaniah dzohiroh (Badaniah Dzohiroh adalah ibadah yang dilakukan dengan anggota-anggota tubuh dzohir) yang paling utama, kemudian puasa, kemudian haji, kemudian zakat. Fardhu-fardhu sholat adalah fardhu-fardhu ibadah yang paling utama. Kesunahan-kesunahan sholat adalah kesunahan-kesunahan ibadah yang paling utama. Seseorang tidak akan dianggap udzur (berhalangan) meninggalkan sholat selama ia masih memiliki akal.

Adapun ibadah-ibadah badaniah qolbiah (Badaniah Batiniah adalah Ibadah yang dilakukan oleh hati), seperti keimanan, makrifat, tafakur, tawakkal, sabar, rojak, ridho dengan qodho dan qodar, cinta Allah ta'ala, taubat, dan membersihkan hati dari kotoran-kotoran, seperti; tamak, dan lainnya, maka lebih utama daripada ibadah-ibadah badaniah dzohiroh, bahkan lebih utama daripada sholat, karena telah ada keterangan hadis, "Tafakkur selama satu jam saja adalah lebih utama daripada ibadah selama 60 tahun." Yang paling utama daripada semuanya adalah keimanan.

1. Macam-macam Tafakkur dan Buahnya

[FAEDAH]
Jumhur ulama mengatakan bahwa sesungguhnya tafakur atau berpikir-pikir dapat dilakukan dengan lima cara, yaitu:
  • 1 Tafakur tentang kekuasaan-kekuasaan Allah. Tafakur ini bisa menetapkan penghadapan diri kepada Allah dan meyakini-Nya.
  • 2 Tafakur tentang kenikmatan-kenikmatan Allah. Tafakur ini bisa menghasilkan rasa cinta kepada-Nya.
  • 3 Tafakur tentang janji Allah. Tafakur ini bisa menghasilkan rasa senang beribadah kepada-Nya.
  • 4 Tafakur tentang ancaman Allah. Tafakur ini bisa menghasilkan rasa takut dari-Nya.
  • 5 Tafakur tentang kecerobohan diri dari melakukan ketaatan. Tafakur ini menghasilkan rasa 'al haya' (malu) kepada Allah. Lafadz 'al-haya ' adalah dengan dibaca fathah dan dengan hamzah mamdudah yang berarti mengkerut atau mengkisut.


  • Syeh Ahmad bin Athoillah berkata, "Termasuk tanda-tanda kematian hati adalah kamu tidak memiliki rasa susah atau sedih karena ketaatan yang kamu lewatkan dan tinggalkan, dan kamu tidak memiliki rasa kecewa atas kesalahan dosa yang telah kamu lakukan." Ia juga berkata, "Rasa sedih karena tidak melakukan ketaatan pada waktu sekarang disertai tidak adanya keinginan melakukan ketaatan tersebut di waktu mendatang adalah termasuk salah satu tanda-tanda tertipu atau terpedaya."

    [FAEDAH]

    2. Makna Cinta Allah
    Sebagian ulama berkata bahwa cinta Allah memiliki 10 arti dilihat dari segi hamba yang mencintai-Nya, yaitu;
  • 1 Hamba meyakini bahwa sesungguhnya Allah ta'ala adalah yang hanya dipuji dari sudut manapun dan dipuji dengan setiap sifat dari sifat-sifat-Nya.
  • 2 Hamba meyakini bahwa Allah adalah Dzat yang berbuat baik kepada hamba-hamba-Nya, dan Dzat yang memberi nikmat dan anugerah kepada mereka.
  • 3 Hamba meyakini bahwa perbuatan baik Allah kepadanya tidak dapat dibandingi oleh ucapan ataupun perbuatan baiknya, meskipun sempurna dan banyak.
  • 4 Hamba meyakini bahwa hukum-hukum Allah dan tuntutantuntutan- Nya itu sedikit baginya.
  • 5 Dalam setiap waktu, hamba selalu merasa takut jika berpaling dari Allah ta'ala dan merasa takut jika kemuliaan yang Allah berikan kepadanya, seperti; makrifat, tauhid, dan lainnya, akan hilang dari dirinya.
  • 6 Hamba melihat bahwa dalam setiap keadaan dan pikirannya, ia selalu membutuhkan Allah dan tidak bisa merasa tidak butuh dari-Nya.
  • 7 Hamba selalu menyebut atau berdzikir Allah dengan dzikir yang terbaik sesuai dengan kapasitas kemampuannya.
  • 8 Hamba sangat senang melaksanakan ibadah-ibadah fardhunya dan senang mendekatkan diri kepada-Nya dengan ibadah-ibadah sunah sesuai dengan kapasitas kemampuannya.
  • 9 Hamba merasa senang jika ia mendengar orang lain sedang memuji Allah, beribadah kepada-Nya, dan berjuang di jalan- Nya, baik secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan dengan bentuk perjuangan mengorbankan diri, atau harta, atau anak.
  • 10 Jika hamba mendengar orang lain berdzikir Allah maka ia akan menolongnya.


  • [TANBIH]
    Lafadz 'as-sholaatu ', 'az-zakaatu' , dan 'al-hayaa'u ' ketika tidak diidhofahkan pada lafadz lain maka ditulis dengan huruf wawu sehingga menjadi ('as-sholawtu ', 'az-zakawtu' , dan 'al-hayaw'u ') menurut pendapat yang paling masyhur, karena meniru bentuk tulisan Mushaf, tetapi sebagian dari ulama ada yang menulisnya dengan huruf alif pada saat tidak diidhofahkan.
    Adapun ketika lafadz-lafadz tersebut diidhofahkan maka hanya ditulis dengan huruf alif, baik diidhofahkan pada isim dzohir atau isim dhomir, seperti yang disebutkan oleh Ibnu Mulqin, sehingga dikatakan, ' Sholaatulloh ' bukan 'Sholawtulloh' atau, 'fii hayatiihi' bukan 'fii hayawtiihi'.




    Diterjemahkan oleh Muhammad Ihsan Ibnu Zuhri (Salatiga) Pondok Pesantren al-Yaasin
    silahkan download file pdf dihalaman yang lain di website ini
    keterangan tanda [...] adalah matan dari kitab safinah.


    13-11-2020 (546)

    safinatun naja kasyifatus saja fiqih islam pdf gratis zalfaz tafakkur cinta

    Jangan lupa klik iklan dan tulis komentar biar semangat bikin kontent..

    *tes : "komentar" [13-02-2021 09:19]

    arti Tethering dan Hotspot..

    (Film) Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer..

    Acer Aspire V5 132 operating system not found ..

    Judul Skripsi Informatika atau sains teknologi yang mudah dan bagus..

    Data Upah minimum UMK 2020 Jawa Timur..